10 Aplikasi Pembayaran Online Terbaik dan Terpercaya

Di era Digitalisasi saat ini telah banyak teknologi yang berkembang yang bertujuan untuk memudahkan kehidupan masyarakat. Begitupun pembayaran digital

Forosla.com - Di era Digitalisasi saat ini telah banyak teknologi yang berkembang yang bertujuan untuk memudahkan kehidupan masyarakat. Begitupun pembayaran digital, telah mengalami perubahan yang pada saat itu menggunakan uang tunai. Kini melakukan pembayaran bisa menggunakan aplikasi yang dapat kalian gunakan kapanpun dan dimanapun 

Aplikasi-aplikasi pembayaran digital sangat menarik karena kalian bisa melakukan pembayaran hanya menggunakan aplikasi dan dapat dilakuka dimana saja. Dengan menggunakan aplikasi pembayaran digital kalian tidak perlu lagi membawa uang tunai untuk pembayaran perbelanjaan kalian 

Adapun aplikasi pembayaran digital sangat banyak dan pada kesempatan kali ini admin Forosla.com akan merangkum 10 Aplikasi Pembayaran Online Terbaik dan Terpercaya yang dapat kalian gunakan untuk melakukan pembayaran perbelanjaan kalian. 

10 Aplikasi Pembayaran Online Terbaik dan Terpercaya


Jenis Pembayaran Online 

Ada Beberapa jenis pembayaran online yang biasa digunakan antara lain 

1. M-Banking

Mobile banking atau yang sering disebut dengan M-Banking merupakan layanan yang diberikan oleh bank kepada nasabah untuk melakukan berbagai operasional perbankan dengan menggunakan smartphone.

Ada banyak fitur yang bisa kalian dapatkan dengan M-Banking seperti layanan informasi seperti cek saldo, suku bunga, transfer rekening, pengiriman uang, pengecekan lokasi ATM atau cabang terdekat, pembelian pulsa, pembayaran berbagai tagihan dan lain-lain.

2. Internet Banking

Hampir sama dengan Mobile Banking. Internet Banking adalah layanan perbankan yang diberikan oleh bank kepada nasabah yang memiliki jaringan internet. kalian bisa mendapatkan berbagai layanan perbankan seperti cek saldo, transfer, dll, melalui website resmi bank tersebut.

Untuk mengakses situs, kalian dapat menggunakan berbagai perangkat seperti laptop, komputer, tablet, smartphone, dll. Selama kalian memiliki internet, kalian dapat melakukan berbagai aktivitas perbankan.

3. SMS Banking

Sama seperti dua layanan sebelumnya, SMS Banking juga merupakan layanan perbankan dari bank ke nasabah. Namun yang membuatnya berbeda adalah proses perbankan dilakukan dengan menggunakan jaringan SMS.

Untuk aktivitas perbankan yang bisa diakses sama dengan dua layanan sebelumnya. Kalian juga tidak perlu menggunakan smartphone karena ponsel biasa bisa digunakan untuk melakukan SMS banking. Selama kalian memiliki saldo, kalian pasti dapat melakukan operasi perbankan yang diperlukan.

4. E-Money 

E-Money atau Uang Elektronik adalah metode pembayaran yang menggunakan media elektronik seperti internet atau jaringan komputer untuk melakukan transaksi.

Metode pembayaran ini sangat efisien dan aman karena menggunakan kode kriptografi. Sehingga sulit bagi hacker untuk meretasnya.

Keuntungan Pembayaran Online ( Digital Payment )

Banyak sekali keuntungan yang akan kalian dapatkan jika melakukan pembayaran dengan digital payment atau pembayaran online. Keuntungan yang akan kalian dapatkan antara lain :

1. Aman

Keuntungan nomor satu dari pembayaran digital adalah keamanannya. Jika kalian memproses transaksi sesuai prosedur, maka cara ini lebih aman daripada transaksi tunai.

Apalagi jika jumlah transaksinya banyak, lebih baik menggunakan pembayaran online. Selain itu, kalian juga bisa terhindar dari kejahatan uang palsu.

2. Dapat Digunakan Kapanpun dan Dimanapun

Sistem pembayaran elektronik atau digital ini cocok untuk orang-orang sibuk. Karena dengan cara ini kalian bisa melakukan pembayaran kapanpun dan dimanapun

Kalian dapat melakukan transaksi kapanpun dan dimanapun selama kalian terhubung ke Internet. Jadi kalian tidak perlu khawatir datang ke tempat tertentu untuk membayar.

3. Cepat, Mudah dan Praktis

Era digitalisasi menawarkan kemudahan dan kecepatan. Dengan metode ini, kalian dapat melakukan transaksi dengan cepat tanpa membuang waktu. Karena kalian tidak harus mengantre di tempat pembayaran yang kalian inginkan. Jadi kalian bia menghemat waktu dan energi dengan melakukan pembayaran online 

Daftar 10 Aplikasi Pembayaran Online Terbaik dan Terpercaya

Nah, serkarang kita menuju ke pembahasan utama yaitu 10 Aplikasi Pembayaran Online Terbaik dan Terpercaya. Adapun beberapa aplikasi itu antara lain :

1. OVO

Aplikasi pembayaran online pertama adalah OVO. OVO juga merupakan pembayaran digital yang paling banyak digunakan. Ada banyak transaksi yang bisa kalian lakukan dengan aplikasi ini. Seperti bayar listrik, internet, pulsa dan token lainnya.

Dengan banyak fitur menarik, seperti banyak poin. Poin ini adalah imbalan loyalitas yang diberikan kepada pengguna. Pengguna akan mendapatkan poin untuk setiap transaksi yang dilakukan.

Selain itu, OVO juga memberikan berbagai promo yang ditawarkan oleh banyak merchant OVO. OVO telah menjalin kerjasama dengan banyak merchant yang tersebar di seluruh Indonesia.

Kelebihan OVO :

  • OVO memberikan kemudahan dalam berbagai pembayaran dan transaksi.
  • Terdapat lebih dari 1000 merchant atau outlet yang tersebar di seluruh Indonesia.
  • Dapatkan 1 OVO point dengan minimal transaksi Rp10.000.
  • Pengguna dibagi menjadi dua tingkatan, OVO Club (limit hingga 2 juta) dan OVO Premier (limit hingga 10 juta).
  • Dapatkan cashback jika kalian melakukan transaksi dengan merchant tertentu.
  • Top Up untuk konsumen dan driver Gojek.

2. Dana

Dompet digital juga semakin populer. Ya, salah satunya DANA yang akan memudahkan kalian dalam melakukan berbagai transaksi. Kalian dapat membayar makanan, memindai barcode, pembayaran e-commerce, dan transaksi lainnya.

Sebelum melakukan transaksi dengan DANA, kalian harus mendownload aplikasinya terlebih dahulu. Kalian dapat menggunakan smartphone untuk mengakses DANA.

Ada banyak fitur DANA yang bisa kamu gunakan seperti Kirim Dana, Pesan DANA, Nearby Me untuk menemukan merchant atau outlet DANA terdekat.

Kelebihan Dana :

  • Dapatkan diskon atau cashback setiap melakukan transaksi dengan merchant yang bekerja sama.
  • Bisa bayar berbagai macam tagihan, misalnya bayar token PLN, air, internet, BPJS, telepon, TV kabel bahkan cicilan dll.
  • Saldo DANA dapat digunakan untuk pembayaran di Bukalapak dan TIX ID.
  • Bekerja sama dengan banyak merchant di Indonesia.
  • Top Up saldo minimal bisa Rp 10.000.
  • Isi ulang dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti transfer bank, dari dompet digital lain, Alfamidi, Alfamart, Pegadaian, Kantor Pos dan lain-lain.

3. Gopay 

Aplikasi pembayaran online berikutnya adalah Go Pay. Ini adalah layanan teknologi keuangan yang dimiliki oleh Gojek Corporation. Ternyata Go Pay tidak hanya digunakan untuk membayar transaksi di Go-Jek saja loh.

Ternyata aplikasi ini bisa digunakan untuk pembayaran berbagai keperluan seperti belanja online, isi ulang pulsa, pembayaran tagihan dll. Isi ulang saldo Go-Pay kalian juga sangat mudah.

Kalian dapat mengisi saldo melalui transfer ATM, Mobile Banking, E-Wallet atau dari driver Go-jek.

Kelebihan Gopay :

  • Kalian dapat tarik tunai saldo gopay di ATM BCA
  • Memiliki PIN keamanan.
  • Berbagai promosi dan Gopay coin 
  • Bisa transfer saldo gopay ke sesama pengguna
  • Pengisian saldo dapat dilakukan tanpa biaya tambahan.
  • Dapat digunakan untuk membayar tagihan untuk banyak toko online.
  • Dapat digunakan untuk melakukan pembayaran di Indomaret dan Alfamart

4. Pay Tren

PayTren adalah aplikasi milik PT Veritra Sentosa Internasional oleh Ustad Yusuf Mansur berbasis Android dan iOS. Aplikasi ini juga digunakan untuk mempermudah proses transaksi atau pembayaran melalui internet.

Selain penggunaan mode pembayaran online, PayTren juga dapat memberikan keuntungan lebih jika kalian bergabung sebagai agen. Anda bisa mendapatkan komisi dengan berpartisipasi dalam pemasaran lisensi aplikasi ini.

Kelebihan PayTren :

  • Saldo atau dana yang disetorkan tidak memiliki tanggal kedaluwarsa.
  • Memberikan komisi kepada agen yang berpartisipasi dalam pemasaran lisensi PayTren. Seperti penjualan langsung dan komite pengembangan masyarakat dan lain-lain.
  • Pulsa dapat diisi ulang dari anggota PayTren lainnya.
  • Dapatkan cashback setelah melakukan transaksi tertentu.
  • Dapat digunakan untuk membayar berbagai kebutuhan seperti tagihan, top-up, dll.
  • Anda bersedekah setiap kali melakukan transaksi.

5. Sakuku

Sakuku adalah layanan milik Bank BCA dan berbentuk e-wallet atau dompet digital. Dompet digital ini juga dapat digunakan untuk melakukan berbagai transaksi melalui smartphone.

Anda dapat melakukan berbagai pembayaran seperti membayar belanjaan, saldo ekstra, tarik tunai dan aktivitas perbankan lainnya. Anda dapat menemukan aplikasi ini di Google Play Store dan App Store.

Kelebihan Sakuku :

  • Ada dua jenis layanan Sakuku, Sakuku dengan maksimal saldo 2 juta dan Sakuku Plus maksimal saldo 10 juta.
  • Anda dapat melakukan penarikan tunai dari ATM berlogo Sakuku.
  • Dapatkan promo dan cashback.
  • Mendaftarkan akun Sakuku sangat cepat, mudah dan tentunya gratis.
  • Terdapat menu split bill untuk membagi tagihan dengan pengguna lain.
  • Tampilan dan tata letak menu bisa diatur sesuai keinginan.

6. True Money

True Money adalah aplikasi Android untuk pembayaran online. Ini adalah layanan keuangan inovatif di mana target pasar utama adalah orang-orang yang tidak memiliki nomor rekening. Dengan memberikan berbagai kemudahan untuk memproses transaksi jaringan melalui Internet. Proses transaksi ini juga dapat dilakukan menggunakan aplikasi Android, situs web, atau dari perangkat True Money edisi khusus.

Kelebihan True Money :

  • Dapatkan komisi berbeda dari setiap transaksi yang dilakukan.
  • Tidak ada biaya administrasi untuk proses transaksi.
  • Memiliki Layanan Customer Service
  • Saldo deposit tidak terbatas.
  • Bukti transaksi dapat dicetak ulang melalui berbagai metode.
  • Akan Diberikan materi promosi untuk pengembangan TrueMoney.
  • Transfer atau kirim uang ke mana saja tanpa menggunakan rekening bank.
  • Dapat digunakan untuk membayar tagihan.
  • Menyediakan berbagai voucher elektronik untuk isi ulang pulsa dan paket data.
  • Menggunakan OTP yang dikirim ke email atau SMS untuk satu kali transaksi.

7. LinkAja

LinkAja merupakan salah satu layanan keuangan elektronik terbesar di Indonesia yang menggunakan sistem aplikasi. Aplikasi apa pun adalah perantara untuk transaksi keuangan yang Anda lakukan.

Prosesnya sangat mudah dan cepat. Setelah mengunduh dari Play Store, kalian dapat menginstal dan mendaftar langsung. Dengan akun ini, Anda dapat dengan mudah melakukan berbagai pembelian dan transaksi lainnya.

Kelebihan LinkAja :

  • Isi ulang saldo dapat dilakukan kapan saja dan dari mana saja, misalnya transfer bank, transfer antar rekening, mobile banking, GraPari, Circle K, Alfamart, Alfamidi dan cara lainnya.
  • Bayar berbagai e-commerce dengan LinkAja dengan memasukkan nomor HP dan PIN LinkAja kalian .
  • Proses pendaftaran akun LinkAja sangat mudah.
  • Bisa digunakan untuk membayar pajak.
  • Digunakan untuk membayar tagihan dan berbagai transaksi.
  • Bekerja sama dengan banyak merchant.
  • Banyak hadiah promosi menarik dan diskon.

8. T-Cash

T-Cash adalah layanan uang digital yang ditawarkan oleh Telkomsel yang menggunakan teknologi NFC atau Near Field Communication. Pelanggan Telkomsel juga dapat dengan mudah melakukan pendaftaran akun.

Setelah mendaftarkan akun, kalian dapat mulai mengisi saldo dengan berbagai cara. Bisa dari ATM Bersama, GraPari, Indomaret dan lainnya.

Selain itu, Anda dapat dengan mudah dan cepat melakukan berbagai transaksi untuk berbagai tujuan.

Kelebihan T-Cash :

  • Digunakan untuk melakukan berbagai pembayaran dan transaksi seperti isi ulang, kuota, token listrik, BPJS, voucher game, dll.
  • Bagikan saldo dengan pengguna LinkAja lainnya.
  • Membayar belanjaan di beberapa merchant.
  • Lihat berbagai penawaran yang sedang berlangsung.
  • Memiliki jumlah merchant terbesar di Indonesia.
  • Proses transaksi cepat menggunakan metode snap and click.

9. Tokopedia

Siapa yang tidak kenal dengan platform belanja online terbesar di Indonesia? Ya, Tokopedia adalah tempat dimana kamu bisa berbelanja online. Tapi tahukah kalian bahwa Tokopedia menyediakan layanan pembayaran online terbesar di Indonesia?

Kalian tidak hanya dapat berbelanja online tetapi kalian juga dapat melakukan banyak pembayaran tagihan secara online. Bahkan Tokopedia juga merupakan aplikasi pembayaran online spp lho. Anda dapat membayar biaya kuliah untuk semua tingkatan.

Kelebihan Tokopedia :

  • Transfer saldo ke rekening bank yang berbeda.
  • Lakukan berbagai pembelian seperti pulsa dan kuota.
  • Bayar tagihan listrik dan air, cicilan kredit, BPJS dan lainnya.
  • Ada banyak cara untuk top up saldo, seperti market/retail minimum, Internet Banking, Mobile Banking dan lain-lain.

10. Doku

Doku Wallet atau yang lebih dikenal dengan Doku adalah layanan keuangan dengan konsep digital. yang bisa digunakan untuk menyimpan uang elektronik.

Nantinya uang tersebut bisa digunakan sebagai metode pembayaran berbagai situs belanja online. Baik toko online nasional maupun internasional.

Selain itu, kalian juga dapat menggunakan Doku sebagai metode pembayaran berbagai tagihan seperti token PLN, air dan listrik, transfer antar DOKU, rekening, dan lainnya.

Kelebihan DOKU :

  • Dapat digunakan untuk pembelian online untuk menggantikan metode pembayaran kartu kredit atau paypal.
  • Beli pulsa, kuota internet, tiket pesawat, cicilan, TV kabel, token listrik, air, dan lainnya.
  • Proses pendaftaran akun Doku tanpa tambahan biaya administrasi.
  • Saldo diisi dengan beberapa cara mulai dari transfer bank, setoran Alfamart, merchant, dan lainnya.
  • Antarmuka pengguna sangat mudah digunakan.
  • Ini tersedia dalam dua jenis: situs web dan aplikasi.
  • Verifikasi transaksi dengan nomor ID atau identitas lain agar kalian lebih aman.

Itulah beberapa penyedia layanan pembayaran online terpopuler yang bisa Anda coba. Bukankah hidup akan lebih mudah jika Anda menggunakan teknologi?


© Forosla Indonesia. All rights reserved. Developed by Jago Desain